[Review] Smart Styling Iron "PLAY by TUFT"


Halo teman-teman!
Apa kabar kalian semua? Semoga sedang sehat dan baik-baik saja ya. ๐Ÿ’—

Pada kesempatan kali ini, aku mau bahas tentang hair straightener atau yang akrab disebut catokan.

Pic by: http://play.tuftintl.com

Sebelumnya, ada yang sudah pernah dengar merk TUFT?
TUFT merupakan brand asal Singapore. Jadi si TUFT itu provide barang-barang untuk urusan rambut gitu deh. Untuk aku pribadi, jujur aja aku baru dengar brand ini. Oh iya, aku bukan orang yang terlalu up-to-date sama hal-hal kecantikan, makanya ini kan aku baru mau mulai lagi untuk mendalami beauty blogging hahahaha. Oke balik lagi ke topik. Aku tuh taunya kalau untuk urusan rambut, brand yang terkenal itu kayak Babyliss atau GHD. Tapi kan itu mahal banget ya (untuk aku).
Nah, awal aku tau brand ini dari mana dong? Jadi ceritanya aku tuh ga terlalu suka nyatok, karena rambut aku tuh jadi suka rusak kalau terlalu sering nyatok. Aku mau beli catokan yang bagus (ga bikin rambut rusak) supaya rambutku bisa tertata rapi tanpa harus nangis-nangis di kemudian hari. Lalu ketika aku cari di Google, muncul link ini. Aku buka, aku baca. Dan wiiiiih, yang menempati urutan pertama itu kok lucu ya catokannya? ๐Ÿ˜„ Dari situlah aku kepoin soal brand TUFT ini. Tapi aku sedih, kok ga ada yang bahas tentang catokan yang katanya nomor satu ini ya? Di YouTube ada, tapi hanya sedikit, itupun menurutku kurang memuaskan (ga bikin aku jadi penasaran lalu ingin punya dan beli).

Tujuanku membuat review tentang produk ini tulus untuk berbagi kepada kalian yang mungkin posisinya sama denganku saat itu (bingung cari review yang bikin yakin). Dan semoga aja review dariku ini bisa membantu kalian semua!

Okay, let's start it!

---

Just FYI, aku beli catokan ini sudah hampir 1 (satu) tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 30 April 2018. Review ini pun sesungguhnya mau aku rampungin Agustus 2018 lalu ketika aku mulai blog ini, tetapi yah... waktu itu mood aku masih naik turun. ๐Ÿ˜…

Aku ingat betul harga catokan ini dijual di Tokopedia Gudang Rambut dengan harga Rp 649.000,-, beda 50rb dengan yang ukuran 2" (Rp 699.000,-). Tapi waktu itu ada diskon dan juga cashback Rp 29.900,- yang masuk ke saldo Tokopedia (sekarang sudah diganti menggunakan OVO). Nah, jadilah invoicenya seperti gambar di bawah ini. Kalau ditotalkan, dulu aku hanya membayar Rp 568.100,- untuk catokan super kece ini.
Invoice Pembelian TUFT Hair Staightener di Tokopedia

Aku beli catokan ini di Tokopedia, tapi bukan di Official Store si TUFT. Pada waktu itu TUFT belum punya Official Store di lapak online seperti Tokopedia atau Shopee, tapi sekarang sudah ada kok! Kalian dapat kunjungi tokonya dengan klik link di bawah ini:
Tokopedia: https://www.tokopedia.com/tuft
Shopee: https://shopee.co.id/tuftofficial

Dulu itu, kalau aku mau beli produknya TUFT yang dijual oleh TUFT itu sendiri, aku akan diantar ke link ini. Di Tai Wah e-Store itu mata uangnya Dollar dan kita juga harus punya akun kalau mau beli di sana. Jadi, aku putuskan untuk beli di toko online yang jual aja hehehe. Tapi harus pintar-pintar juga ya pilih tokonya. Jangan sampai barang yang kita terima malah bukan barang asli. Kan sedih banget kalau udah keluar uang banyak eh malah kena tipu. ๐Ÿ˜“

Okay, kita langsung aja ke reviewnya ya!

SIDE TO SIDE

Sebelum kita bahas apa yang ada di dalam boxnya, aku mau kasih lihat dulu nih tampilan luar dari boxnya.

Pada sisi atas, ada tulisan besar yang juga menjadi logo PLAY by TUFT, gambar model cantik yang jadi pemanis box ini, gambar catokan + bungkusannya (isi paling penting dari box ini), nama dari produk ini yaitu 1" SMART STYLING IRON, kita juga dapat Heat Resistant Mat (aku sebutnya bungkus catokan ๐Ÿ˜†) terlihat pada tulisan 'COME WITH HEAT RESISTANT MAT', dan 4 (empat) icon yang menjadi point utama dari catokan ini (Swipe Interface, Digital, Titanium Floating Plate, Energy Safe). Aku suka banget sama cover dari box ini! ๐Ÿ’™

Pada sisi kiri, seperti yang aku bilang tadi bahwa isi paling penting dari box ini adalah catokan dan bungkusannya. HAHAHA bungkusan. ๐Ÿ˜‚ Yak, ada logo PLAY by TUFT, nama produk, serta gambar si catokan dan bungkusan. Hmm, biar keren deh aku ralat. Ada gambar Styling Iron dan Heat Resistant Mat. ๐Ÿ˜Ž

Pada sisi kanan, ada logo kecil PLAY by TUFT di pojok kanan atas dan penjelasan dari fitur-fitur yang terdapat pada produk ini.
1. Digital Touch and Swipe Interface
Catokan ini sama sekali ga ada tombol apapun. Semuanya serba disentuh. Keren parah sih! Nah fitur ini berguna untuk menyalakan dan mematikan catokan, mengontrol suhu yang mau kita gunakan, dan juga untuk lock and unlock. Penjelasan lebih jelasnya, nanti akan aku bahas setelah ini.
2. Digital Temperature Control
Dalam 30 detik, catokan ini bisa panas hingga suhu 200°C. To be honest, fitur ini tuh sangat menjunjung tinggi efisiensi waktu. Love it! Biasanya kan kita harus tunggu lumayan lama sebelum pakai catokan untuk dapat suhu yang pas. Selain itu, suhu maksimum catokan ini adalah 230°C. Suhu sepanas itu berguna banget untuk kalian yang punya rambut super keriting dan tebal. Hal yang hebatnya lagi, heat recovery time catokan ini hanya kurang dari 5 (lima) detik. Misalnya kalian mau ubah suhu dari 180°C ke 200°C, nah dalam waktu kurang dari 5 (lima) detik panasnya tuh bakal berubah ke suhu yang kita mau. Ini aku ga bohong ya, hampir 1 (satu) tahun aku pakai catokan ini dan memang claimnya itu terbukti benar.
3. Titanium Floating Plate
Plat catokan ini menggunakan bahan dasar titanium yang pastinya ga akan merusak rambut. Coba kalian baca di sini deh jenis-jenis bahan dasar yang digunakan untuk jadi plat catokan. Kalau catokan kalian platnya pakai plat titanium, ga perlu takut nyatok tiap hari deh. Aku nyatok tiap hari kok. NYATOK FOR LIFE! ๐Ÿ˜
4. Energy Saving and Safety Features
Catokan ini ada sleep mode-nya dan otomatis mati kalau tidak digunakan selama 20 menit. Ga perlu panik lagi deh kalau lupa matiin catokan pas buru-buru mau pergi. Hemat energi banget!
5. Dual Voltage
Cocok banget buat kalian yang suka travelling ke luar negeri karena voltage tiap negara itu berbeda-beda.
6. Tangle-Free Swivel Cord
Ini nih yang mantap. Kabel catokan ini dapat berputar 360°. Say bye-bye to kabel kusut!
7. Locking System
Bikin irit tempat. Untuk fitur ini akan aku bahas setelah ini ya! 
8. Heat Resistant Mat
Ini bukan fitur sih sebenarnya. Hanya diberi tahu kalau we got it free. Yeay! ๐Ÿ˜ Berguna banget sih mat (alas) catokan ini untuk menyimpan catokan secara aman. Sejujurnya aku lebih suka menyebut mat ini sebagai bungkusan bukan alas karena aku pakai mat ini untuk membungkus catokan kalau sudah selesai dipakai atau saat mau aku bawa berpergian. ๐Ÿ˜†

Pada sisi bawah, ada logo PLAY by TUFT, tulisan 1" SMART STYLING IRON, social media dan kontak PLAY by TUFT, dan barcode untuk registrasi garansi online. Aku sangat ingin membantah kalimat 'Product in package may not be exactly the same as the illustration due to continuous improvements to the product.' karena... Man! Really? It's excatly THE SAME, yo! Sama banget! Parah sih ini beneran no tipu-tipu, guys! Next. Tegangan listriknya adalah 110V-240V dengan frekuensi 50/60Hz dan daya listrik 100W. Didesain di Singapore dan diproduksi di China. Terakhir di pojok kanan bawah ada barcode produk.

Pada sisi ujung atas, ada logo PLAY by TUFT berwarna putih dengan background warna biru. So cute, ah! Sementara pada sisi ujung bawah ada logo PLAY by TUFT serta tulisan '1" SMART STYLING IRON COME WITH HEAT RESISTANT MAT'.
Well, I'm done with every side of this box!

Entahlah apakah penjelasan tiap sisi dari box ini penting atau tidak untuk kalian, but I just kinda love it to tell you, guys. Kalau kalian perhatikan, di semua sisi box ini pasti ada logo PLAY by TUFT. Ya memang harus begitu sih. ๐Ÿ˜„

WHAT'S IN THE BOX?

Sumpah ya, ini yang gemesin parah bukan hanya catokannya aja guys! For real aku suka banget sama boxnya. Kalau penutup boxnya kita buka, tampilannya akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Warna Deep Sky Blue di keempat sisi box bagian dalam. ๐Ÿ’™

Nah, di dalam box ini terdapat Kartu Garansi, catokan lucu dari PLAY by TUFT tipe 1" SMART STYLING IRON, Heat Resistant Mat, dan Buku Petunjuk. Hmm... bukan buku sih sebenarnya, soalnya cuma 1 (satu) lembar yang dilipat menjadi 2 (dua) bagian gitu. ๐Ÿ˜…
 

1. Kartu Garansi
Aku sangat menyarankan kalian langsung mengisi formulir yang ada pada kartu garansi itu ASAP setelah kalian menerima barang ini (kalau beli secara online) karena kartu garansi itu hanya berlaku maksimal 10 hari dari tanggal pembelian, guys. As you can see, punyaku masih bersih mulus. Yap, aku tidak mengisi formulir di kartu garansi dan tidak mendaftar untuk mendapatkan jaminan. Waktu itu aku mager banget dan selalu bilang 'besok aja deh'. Eh akhirnya sudah lewat 10 hari. ๐Ÿ˜“ Tapi puji Tuhan aku bersyukur karena sampai saat ini catokan ini masih berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah apapun. The best!


2. PLAY by TUFT 1" SMART STYLING IRON
Ini dia bintang tamu utama kita! Aku suka banget kombinasi warna biru dan putih pada catokan ini. It makes this thing looks perfectly cute!


3. Heat Resistant Mat
Seperti yang sudah aku jelaskan di atas, Heat Resistant Mat ini berguna untuk membungkus catokan setelah kalian menggunakannya. Jadi catokan kita akan aman karena dilindungi oleh Mat ini dan tidak perlu khawatir catokan akan tergores karena bergesekan dengan barang lain.

4. User Guide
Setiap kali kita membeli produk apapun itu, lembar / buku petunjuk pasti ada di dalam boxnya. Isinya kurang lebih tentang pengenalan produk, fitur apa saja yang ada pada produk tersebut, dan juga cara menyimpan serta memelihara produk dengan baik. Tampilannya seperti di bawah ini:

HOW TO USE

Tidak ada perbedaan yang mencolok untuk menggunakan catokan ini dibandingkan dengan catokan lainnya. Kalian dapat menggunakan catokan ini dengan gaya dan cara kalian masing-masing seperti kalian menggunakan catokan-catokan pada umumnya. FYI, catokan ini punya claim bahwa we can use this hair iron on damp hair. Dang! Aku sudah bilang kan tadi? Sangat menjunjung tinggi efisiensi waktu. ๐Ÿ˜Ž Mengeringkan rambut tidak perlu sampai benar-benar kering karena catokan ini justru akan bekerja lebih baik dan memberikan hasil yang lebih bagus pada rambut yang masih lembab. Tapi kalian jangan terkejut karena nanti akan terdengar suara-suara air yang dipanaskan dan diikuti dengan uapnya. Tidak semua orang senang menyaksikan hal itu sih, but for me IT'S SO SATISFYING!

Sesuai janjiku tadi, sekarang aku akan bahas tentang fitur Digital Touch and Swipe Interface dan Locking System. Kalian perhatikan baik-baik ya foto dan video yang aku selipkan di bawah ini supaya kalian lebih mudah untuk mengerti.


Digital Touch and Swipe Interface

Menyalakan dan Mematikan

Tampilan saat catokan dalam keadaan mati adalah seperti ini:

Setelah kita menghubungkan plug (steker) ke stop kontak, tampilan layarnya akan berubah menjadi seperti ini video di bawah ini. Tapi dalam kondisi seperti itu catokan belum berfungsi ya karena kita belum menekan power buttonnya.
Untuk mengaktifkannya, kalian hanya perlu menekan tanda power dan tahan selama 2 (dua) detik.


Untuk menonaktifkannya, kalian harus unlock layarnya terlebih dahulu lalu tahan tanda power selama 2 (dua) detik. Setelah nonaktif, layar akan kembali terlihat seperti ini:
Kemudian cabut plug (steker) dari stop kontak. Maka catokan akan benar-benar dalam kondisi mati (seperti pada foto di atas).


Mengatur Suhu

Suhu terendah pada catokan ini adalah 50°C dan suhu tertingginya adalah 230°C. Untuk mengatur suhu, kita cukup menekan tanda (+) atau (-) untuk menyesuaikan suhunya.


Lock and Unlock

Fitur lock akan bekerja secara otomatis jika kita tidak menyentuh layar selama beberapa detik. Lihat video di bawah ini.
Namun lain halnya dengan fitur unlock. We need an effort to do this. ๐Ÿ˜† Gampang kok. Caranya adalah geser ke bawah dari tanda (+) ke tanda (-). Lihat video di bawah ini.
Mudah kan? 
Fitur unlock ini berguna di saat kita hendak mengatur ulang suhu dan juga mematikan catokan.

Locking System

Fitur ini berguna saat kita menyimpan catokan. Untuk menghemat tempat dan menjaga agar plat catokan tetap terlindung. Aku bingung cara menjelaskan fitur ini, coba kalian perhatikan saja video yang aku buat di bawah ini. ๐Ÿ˜„


MY EXPERIENCE!

Apakah merusak rambut?

Selama hampir 1 (tahun) menggunakan catokan ini, aku merasa rambutku tidak serusak dulu saat aku sering mencatok rambut dengan catokan lainnya. Walaupun menggunakan plat titanium, kalau kita mencatok rambut setiap hari tidak berarti rambut kita akan sehat-sehat saja. Rambutku bercabang juga kok, tapi bukan bercabang seperti kebanyakan orang akibat alat style rambut yang panas. Sebelum aku jadi cewek yang nyatok rambut tiap hari, rambutku memang sering bercabang. Tapi jujur deh, untuk rambut yang dicatok setiap hari tuh ini keren banget! Harusnya rambut aku rusak parah, tapi ini tidak. Tentunya kalian juga harus iringi dengan perawatan rambut sesuai kebutuhan rambut kalian supaya hasilnya lebih optimal.

Bagaimana hasil akhir pada rambut?

Kalian pernah ga sih ke salon yang catokannya itu catokan gede yang mahal dan bikin rambut kalian super-duper halus dan lembut? Nah, catokan ini bikin rambut kalian kayak gitu. Aku ga perlu bicara panjang lebar lagi.

Apakah harganya sebanding dengan kualitasnya?

Absolutely yes! Daripada kalian beli catokan harga 200-300rb tapi bikin rambut kalian rusak, mending kalian tahan diri dan kumpulin uang sedikit lagi untuk beli catokan dari TUFT. Ada yang warna hitamnya kok kalau kalian kurang suka dengan desain yang lucu dari PLAY by TUFT.

Ada hal lain yang mengganjal di hati?

Aku amat sangat ingin mengoleksi semua produk dari PLAY by TUFT. Pokoknya kalau aku punya banyak uang nanti, aku akan beli semuanya untuk koleksi pribadi aku. ๐Ÿ˜ Harganya lumayan mahal untuk aku yang saat ini belum jadi sultan. ๐Ÿ˜‚ Aku punya impian untuk membuka salon. Kalau mimpi itu terwujud, aku ingin semua peralatan salon aku menggunakan semua produk dari TUFT Professional. Keren parah!

---

Sekian review dariku tentang Smart Styling Iron dari "PLAY by TUFT". Untuk kalian yang ingin tahu lebih lanjut tentang TUFT, langsung aja kalian kepoin di website resminya TUFT dan 'anaknya' yaitu PLAY by TUFT. Atau bisa juga ke:

Coba kalian lihat deh ke web atau sosmed TUFT yang sudah aku share itu. Sedih ga sih lihatnya? Untuk produk sebagus ini (menurutku), masa penggemarnya hanya sedikit? ๐Ÿ˜ญ.

Kalau ada dari antara kalian yang pernah cobain pakai salah satu dari produknya TUFT silahkan komentar dan ceritakan juga pengalaman kalian juga ya!

Terima kasih sudah menyempatkan waktu kalian untuk membaca tulisanku di blog ini. Semoga tulisanku ini berguna dapat membantu kalian semua.
Sampai jumpa lagi di tulisan berikutnya! ❤



XOXO
-desondebta-


UPDATE (Agustus 2019)
Aku buat video di YouTube tentang caraku menata rambut menggunakan Smart Styling Iron "PLAY by TUFT". Silahkan ditonton ya!


Comments

  1. Mau tny ini klo di pegang panas tdk y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pegang di gagangnya ga panas kak, tapi kalau di dekat platnya ada rasa hangat, itupun dikiiiiit banget rasa hangatnya, jadi masih aman kalau menurutku.

      Delete

Post a Comment

Popular Posts

Thanks for your visit!