[Review] Efero Exfoliating Foot Mask

Halo! 💗

Pada postingan kali ini, saya akan membahas sebuah produk perawatan kulit kaki. Nama produknya adalah Efero Exfoliating Foot Mask.
Seringkali, kaki menjadi bagian tubuh yang terlupakan. Padahal, kulit kaki yang halus dan lembut dapat meningkatkan kepercayaan diri kita saat harus menggunakan alas kaki yang terbuka. Yuk, langsung saja kita bahas tentang produk ini.

***
Tentang Efero Exfoliating Foot Mask

Sejujurnya, saya sendiri baru mendengar brand bernama Efero ini. Kalau saya perhatikan dari kemasan produknya, sepertinya produk-produk Efero berasal dari China. Awal mula saya menemukan produk ini adalah ketika saya sedang mencari masker kaki yang sifatnya dapat mengeksfoliasi (bukan hanya melembabkan). Saya tahu beberapa merk exfoliating foot mask yang sudah banyak di-review oleh beauty influencer, namun saya takut jika produk tersebut tidak bekerja di kulit kaki saya padahal saya sudah membayar dengan harga yang cukup mahal (untuk produk sekali pakai). Akhirnya saya memustuskan untuk mencari di Shopee dengan keyword "exfoliating foot mask'', lalu saya mengurutkan dari yang terlaris.

Dua produk teratas adalah produk yang diiklankan dan saya merasa harganya tidak masuk akal, sedangkan produk di urutan ke-3 dikirim dari luar negeri (saya agak malas untuk menunggu produk yang dikirim dari luar negeri, lama sekali tibanya). Pilihan saya jatuh kepada produk di urutan ke-4, yaitu Efero Exfoliating Foot Mask. Selain karena harganya yang murah, produk ini pun dikirim dari dalam negeri. Sebelum saya memutuskan untuk langsung check out, saya mencari tahu apakah ada official store untuk brand Efero ini. Namun sangat disayangkan, usaha saya tidak membuahkan hasil. Saya hanya mendapatkan official store Efero di Ali Express. Ah sudahlah, akhirnya saya memilih untuk membeli dari Shopee saja. Link pembelian produk ini dapat kalian akses di sini.

Fungsi, Kandungan, dan Klaim
Sesuai dengan namanya, Efero Exfoliating Foot Mask jelas berfungsi sebagai masker kaki yang dapat mengangkat sel kulit mati pada kaki yang menyebabkan kaki kita terasa kasar. Saya tidak dapat membaca penjelasan apapun (selain judul dan cara pakai) pada kemasan produk ini dikarenakan informasi dari produk ini diberikan dalam bahasa China.
Namun, di bagian depan kemasannya terdapat tulisan "A gentle way to babay soft feet". Saya tidak paham apa arti dari 'babay'. Jika saya cari di Google Translate, hasil yang saya dapatkan adalah seperti ini:
Apakah mungkin yang dimaksud dengan 'babay' adalah 'baby'?
Jika benar begitu, berarti mereka sudah memproduksi sekian banyak kemasan dengan penulisan yang salah dong! 😂

Baiklah, intinya fungsi dari produk ini adalah membuat kaki selembut kaki bayi.

Untuk kandungan yang ada di dalam produk ini, kalian sudah lihat sendiri bahwa tidak ada yang dapat dipahami. Saya sedih. Hanya LAVANDULA ANGUSTIFOLIA (Lavender Inggris) yang dapat saya baca. Ya, produk ini mengandung ekstrak lavender.

Cara pakai
Sebenarnya, cara pakai dari produk ini dapat dibaca di bagian belakang kemasan. Namun akan saya jelaskan lagi dalam bahasa Indonesia.
1. Cuci dan rendam kaki dengan air hangat, setelah itu keringkan kaki.
2. Gunting bagian atas kemasan masker kaki.
3. Gunakan masker kaki (masukkan kaki ke dalam kemasan), direkomendasikan untuk menggunakan kaos kaki lagi agar dapat essence dapat menyentuh permukaan kaki dengan baik.
4. Diamkan selama 3595 menit, lalu bersihkan kaki.
5. Bagi kebanyakan orang, kulit mati pada kaki akan mulai mengelupas setelah 48 jam pemakaian. Oleh karena kondisi kulit masing-masing orang berbeda, ada yang butuh 2—3 pasang masker kaki (agar kulit mati dapat mengelupas), harap digunakan 48 jam kemudian.
6. Jangan gunakan masker kaki jika terdapat luka terbuka dan aktif.
7. Disarankan untuk merendam kaki dengan air hangat setelah 48 jam pemakaian.

***
My Honest Review
Setelah mengetahui harga produk yang tergolong murah, pasti terlintas pertanyaan "Apakah produknya benar-benar bekerja?"
Bagaimana pendapat saya tentang Efero Exfoliating Foot Mask?

1. Packaging
Bagi saya, tidak ada masalah dari segi pengemasan. Umumnya masker kaki lainnya juga memiliki packaging seperti ini. Namun, saya merasa tulisan di bagian belakang kemasan kurang informatif karena hanya judul dan cara penggunaan saja yang diberikan terjemahan dalam bahasa Inggris. Bahkan, hanya ada 1 bahan kandungan dalam produk ini yang tidak ditulis dalam bahasa China.

2. Isi dalam kemasan
Bagi kalian yang belum tahu, umumnya masker kaki yang menggunakan essence berbentuk seperti kaos kaki, sehingga akan sangat mudah untuk digunakan. Saat kemasannya dibuka, terdapat 2 (dua) items di dalamnya, yaitu sepasang masker kaki (seperti kaos kaki berbahan plastik) dan sepasang perekat.

Perekat tersebut berguna untuk mengencangkan kemasan seperti kaos kaki plastik tersebut agar essence di dalam kemasan dapat menempel dengan baik dengan kulit kaki. Jika digunakan, akan tampak seperti ini:
Saat itu, perekatnya tidak menempel dengan baik karena terkena sedikit cairan essence. Maka dari itu, saya mengganti dengan lakban agar dapat merekatkan kemasan masker kaki dengan baik. Saya menggunakan lakban di bagian punggung kaki dan di atas tumit. Setelah itu, kita dianjurkan untuk menggunakan kaos kaki lagi agar memaksimalkan kerja dari essence-nya.

3. Sensasi saat menggunakan produk ini
Saya merasa baik-baik saja saat menggunakan produk ini, tidak ada rasa perih ataupun gatal. Namun, saat saya gunakan di kaki sebelah kiri (saat itu ada luka aktif), rasanya perih sekali! Saya sampai tidak tahan dan hampir menangis. Ini memang kesalahan saya karena mengabaikan peringatan untuk tidak menggunakan produk ini saat memiliki luka aktif. Awalnya saya mengira bahwa rasa perihnya tidak seberapa dan tidak akan membuat saya  mengaduh-aduh, tapi ternyata.... Kalian tebak sendiri saja, ya!
Saran dari saya jika kalian ingin menggunakan produk ini saat kalian memiliki luka aktif, lebih baik tutup terlebih dahulu lukanya dengan plester luka agar essence-nya tidak kontak langsung dengan kulit yang sedang luka.

4. Efek yang saya rasakan
Produk ini mengklaim bahwa pengelupasan akan mulai terlihat setelah 48 jam pemakaian. Ya, benar! Bahkan jika saya sedang super aktif seperti menari-nari, membuat video TikTok, dalam 24 jam kulit mati di kaki saya sudah mengelupas. Hal itu terjadi karena terjadi gesekan antara kaki dengan permukaan lantai secara sering.
Kalau sudah nampak seperti itu, mudah sekali untuk mengelupas kulit dari telapak kaki. Setelah kulit mati dikelupas, kulit kaki rasanya sangat lembut. K
ulit mati yang dikelupas akan tampak seperti ini:
Kulit telapak kaki yang sudah mengelupas seperti itu, lama-lama akan mengering dan cukup membuat saya risih jika tidak segera dikelupas. Rasanya seperti menginjak plastik terus-menerus dan sangat tidak nyaman.

Mengelupas kulit mati pada punggung kaki tidak semudah mengelupas kulit mati pada telapak kaki. Pada punggung kaki, kulit mati akan tampak seperti sisik-sisik dan tidak dapat kita kupas seperti pada telapak kaki.

Pengelupasan kulit mati membutuhkan waktu maksimal 1 minggu hingga kulit benar-benar bersih. Namun, saya tidak menunggu sampai kulit mengelupas sendirinya dan bersih seiring berjalannya waktu. Biasanya, saat kulit telapak kaki sudah mulai mengelupas, saya akan kelupas kulit mati tersebut, tetapi tidak saya paksa di bagian yang memang belum mengelupas. Untuk kulit di punggung kaki, saya menggunakan lulur mandi untuk mempercepat proses pengelupasan.

Setelah 1 minggu, efek yang saya rasakan tidak sebaik efek saat kulit mati baru saja dikelupas. Kulit kaki tetap terasa lembut, hanya saja tidak selembut saat 1—2 hari kulit mati mengelupas. Sepertinya untuk mendapatkan kulit kaki yang senantiasa lembut, kita harus rutin menggunakan produk ini 1 minggu sekali.

Saya sempat membuat video tentang review Efero Exfoliating Foot Mask di YouTube. Silahkan ditonton untuk melihat proses penggunaan produk ini lebih detail.


***
Kesimpulan

1. Kelebihan dan Kekurangan
Tidak lengkap rasanya kalau tidak menjabarkan poin-poin penting yang menjadi keunggulan dan kekurangan dari sebuah produk.

Plus
- murah
- efektif untuk mengelupas kulit kasar yang tidak mempan disikat setiap mandi
- praktis (seperti menggunakan kaos kaki)
- tidak membuat kulit kering setelahnya

Minus
- penjelasan produk pada kemasan kurang informatif
- terasa sangat perih jika terkena luka
- efeknya kurang long-lasting

2. Apakah layak untuk dicoba?
Menurut saya, produk ini sangat layak untuk dicoba. Harga produk yang sangat terjangkau dan efektivitas produk yang baik, sangat sayang untuk dilewatkan. 

***

Cukup sekian review saya tentang Efero Exfoliating Foot MaskSemoga apa yang saya bagikan di blog ini dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin menggunakan dan mencari tahu tentang produk ini.
Sampai jumpa lagi di tulisan berikutnya! 



XOXO
-desondebta-

Comments

Post a Comment

Popular Posts

Thanks for your visit!