[REVIEW] essenHERB Tea Tree Foam Cleanser dan essenHERB Tea Tree 90 Calming Toner

Halo! 💗

Pada postingan kali ini, saya akan membahas 2 (dua) produk perawatan kulit wajah dari brand essenHERB, yaitu essenHERB Tea Tree Foam Cleanser dan essenHERB Tea Tree Toner.

Apa sih yang langsung terlintas dalam pikiran Anda jika mendengar kata "Tea Tree"? Kalau saya sih, obat jerawat.

Anda yang menjawab persis seperti saya pastinya sudah tahu kan manfaat dari Tea Tree?

Tea Tree (Melaleuca alternifolia) adalah tanaman semak-semak yang berasal dari Australia. Tanaman ini berbeda loh ya dengan tanaman teh yang hasil akhirnya biasa kita konsumsi sebagai minuman teh. Di sana, Tea Tree (Melaleuca alternifolia) sudah digunakan selama hampir 1 (satu) abad sebagai pengobatan alternatif karena manfaat antiseptiknya. Yang dimanfaatkan dari pohon teh ini adalah daunnya dan minyaknya. Minyak pohon teh atau yang sekarang lebih sering kita dengar sebagai Tea Tree Oil (sebenarnya ini hanya diartikan ke dalam bahasa Inggris sih) dihasilkan dengan menghancurkan daunnya. Minyak inilah yang akhirnya digunakan sebagai antiseptik untuk membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit.

Lalu, apa hubungannya dengan jerawat?

Jerawat muncul disebabkan oleh berbagai faktor, bisa dari pola hidup, kondisi kulit, reaksi terhadap kosmetik yang tidak cocok, bakteri, dan lain sebagainya. Bakteri jenis Propionibacterium acnes adalah bakteri yang memicu tumbuhnya jerawat, dan fungsi dari Tea Tree yang bersifat antiseptik adalah membunuh bakteri tersebut. Tea Tree dapat mencegah serta mempercepat proses penyembuhan jerawat sehingga kulit yang berjerawat dapat sehat dan bersinar kembali.

Nah, sekarang sudah paham korelasi antara Tea Tree dengan jerawat? 😉


Tentang essenHERB

essenHERB adalah skincare brand dari Korea Selatan yang fokus pada bahan alami dari alam dan fokus pada kulit. Dengan motto brand: "Honest Ingredient, Honest Prescription", essenHERB hanya menggunakan bahan alami yang "Jujur" (Honest) dan diformulasikan hanya dengan resep buatan turunan dari tanaman (Plant-derived). essenHERB tidak menggunakan bahan kimia untuk stimulasi buatan karena essenHERB percaya kecantikan alami berasal dari alam. (Sumber: SOCO Review)

Nah, karena produk essenHERB yang akan dibahas adalah rangkaian Tea Tree-nya, saya ingin menjelaskan apa yang menjadi keunggulan dari rangkaian Tea Tree essenHERB.

Rangkaian Tea Tree essenHERB tidak hanya alami (98% dari bahan alami), namun dijamin baik dan aman untuk digunakan bahkan pada kulit sensitif (sudah lolos uji skin irritation test). Selain itu, kandungan Tea Tree di dalam produknya dikombinasikan dengan banyak bahan alami baik lainnya seperti niacinamide, centella, rice starch, hingga aloe vera. Oleh karena itu, rangkaian Tea Tree ini akan merawat hingga ke akar permasalahan jerawat.

Di Indonesia, terdapat 4 (empat) produk yang masuk ke rangkaian Tea Tree dari essenHERB, yaitu Foam Cleanser, Toner, Ampoule, dan Cream. Namun produk yang akan saya bahas kali ini hanya Foam Cleanser dan Toner-nya.


essenHERB Tea Tree Foam Cleanser

Ukuran: 150 ml

Harga: 169.000

essenHERB Tea Tree Foam Cleanser adalah pembersih wajah yang mengandung ekstrak Tea Tree yang mampu meredakan masalah kulit yang rusak. Busanya yang creamy akan membersihkan makeup secara mendalam, mengangkat sel-sel kulit mati dan kelebihan minyak. Ekstrak Baobab Tree Seed yang terkandung di dalamnya dapat menjaga kulit tetap lembab. Pembersih ini mampu mengangkat residu makeup serta mengencangkan pori-pori.


essenHERB Tea Tree Toner

Ukuran: 200 ml

Harga: Rp 249.000

essenHERB Tea Tree Toner merupakan toner wajah yang mengandung 90% ekstrak Tea Tree organik yang efektif menenangkan kulit bermasalah yang mengalami iritasi, serta merawat kulit sensitif dengan lembut. Toner ini juga mengandung rice starch sebagai sebum control yang membantu mencegah minyak berlebih pada wajah. Terdapat pula kandungan Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf untuk menjaga kelembaban, serta diperkaya dengan Niacinamide dan Adenosine yang berfungsi ganda untuk mencerahkan sekaligus merevitalisasi kulit dan mencegah kulit keriput.


My Honest Review

Jika dilihat dari apa yang sudah saya jelaskan sebelumnya, sepertinya produk ini sangat menarik untuk dicoba ya? Saya sendiri sudah mencobanya selama 10 hari. Beginilah pendapat saya mengenai 2 (dua) produk tersebut.


1. Packaging

essenHERB Tea Tree Foam Cleanser dikemas dalam sebuah flip-top tube dari plastik dengan warna putih pada badan dan hijau pada tutupnya. Saat produk ini saya terima, produk ini hanya dilapisi plastik (tanpa dus). Saya biasanya hanya membuka plastik bagian tutupnya saja agar badan tube-nya tidak kotor, hehehe.

 
Di bagian depan terdapat informasi mengenai nama brand, nama dan fungsi produk, Key Features of Products, motto produk, jenis kulit yang direkomendasikan, dan ukuran produk. Sedangkan di bagian belakang terdapat informasi mengenai nama brand, nama dan fungsi produk, cara penggunaan, komposisi, perhatian penggunaan, perusahaan yang memproduksi, mengimpor, dan mendistribusikan, dan terakhir adalah barcode. Oh ya, expiry date dicetak emboss dan terdapat di paling atas bagian belakang kemasan.


essenHERB Tea Tree Toner dikemas dalam sebuah flip-top bottle dari plastik dengan warna hijau pada badan dan putih pada tutupnya. Saat produk ini saya terima, produk ini dikemas menggunakan dus dengan warna putih dan hijau yang lebih muda. Cantik sekali!

 
Di bagian depan terdapat informasi mengenai nama brand, nama dan fungsi produk, Key Features of Products, motto produk, jenis kulit yang direkomendasikan, dan ukuran produk. Di bagian samping kanan terdapat gambar dari kemasan toner yang sesungguhnya.
  
Di bagian belakang terdapat informasi mengenai nama brand, nama dan fungsi produk, cara penggunaan, komposisi, perhatian penggunaan, perusahaan yang memproduksi, mengimpor, dan mendistribusikan, dan terakhir adalah barcode. Di bagian samping kiri tampak seperti pada gambar.
Di bagian atas hanya terdapat nama brand. Sedangkan di bagian bawah terapat expiry date dan barcode.


Menurut saya, apa yang tercantum pada kemasan produk sangat informatif karena dapat memudahkan kita jika ingin membeli produk secara langsung. Kalau dari sisi kenyamanan, produk ini dapat dikatakan kurang travel friendly karena ukurannya yang cukup memakan tempat. Namun saya sendiri tidak memiliki masalah dengan itu karena saya sudah terbiasa 'rempong' membawa skincare saya sebesar apapun itu. Sebenarnya karena malas beli wadah kecil, sih. 😝


2. Aroma dan Tekstur

Kedua produk ini memiliki aroma Tea Tree yang khas, namun aroma pada foam cleanser terasa lebih kuat dibandingkan aroma dari toner-nya.

Untuk tekstur, essenHERB Tea Tree Foam Cleanser memiliki tekstur yang creamy dan cukup thick. Saat digunakan dengan mencampurkan air, produk ini dapat menghasilkan busa yang creamy namun tidak seperti bubble foam.

Sedangkan tekstur dari essenHERB Tea Tree Toner adalah cair dengan warna bening dan terdapat endapan rice starch sehingga toner ini perlu dikocok sebelum digunakan. Setelah dikocok, akan terlihat busa yang terdapat di permukaan dasar toner.


3. Sensasi Saat dan Setelah Menggunakan Produk

Jika saya hanya boleh mengutarakannya lewat satu kata, kata itu adalah suka. Ya, saya sangat suka sensasi yang saya rasakan saat menggunakan kedua produk ini. Mencuci wajah dengan essenHERB Tea Tree Foam Cleanser rasanya menyenangkan. Busanya yang creamy dan efek yang tidak licin setelah dibilas membuat wajah saya terasa benar-benar bersih. Setelah dikeringkan dengan handuk pun, wajah saya tetap terasa lembab. Dengan kelembaban yang masih terasa pada wajah saya, saya melanjutkan dengan mengaplikasikan essenHERB Tea Tree Toner. Toner ini terasa sangat sejuk dan menyegarkan, dan saat produknya sudah terserap ke kulit, saya merasa kulit saya lebih lembab dan segar.


4. Kinerja Produk

Saya yakin ini adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu dalam sebuah review produk.

Permasalahan kulit wajah saya adalah jerawat beruntus di area pipi, rahang dan leher atas, serta sangat banyak noda bekas jerawat yang sudah kecoklatan dan sulit dihilangkan. Jerawat beruntusan ini mulai muncul sejak pandemi karena saya harus selalu menggunakan masker saat bertemu dengan orang banyak. Setelah sekian lama saya merawat wajah saya dengan berbagai produk acne care, jerawat beruntus saya tidak kunjung sembuh sehingga saya sempat mengira bahwa ini adalah fungal acne, apalagi fungal acne sedang heboh di kalangan beauty enthusiast saat itu. Hal yang paling membuat saya sedih adalah tekstur wajah saya yang tidak rata sangat terlihat jelas jika dilihat dengan cahaya yang cukup terang.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya telah menggunakan produk ini selama 10 hari. Saya sempat membuat video hasil penggunaan kedua produk ini selama 3 (tiga) hari di TikTok, silahkan lihat di sini.

Berdasarkan klaim yang telah dijabarkan di awal, hasil yang saya rasakan adalah sebagai berikut:

essenHERB Tea Tree Foam Cleanser

  • meredakan masalah kulit yang rusak ➔ YA. Saya merasa tekstur wajah saya lumayan membaik. Beruntusan di wajah saya terasa mengempis dan kulit terasa lebih halus.
  • creamy foam dapat membersihkan makeup secara mendalam, mengangkat sel-sel kulit mati dan kelebihan minyak ➔ YA. Produk ini benar dapat membersihkan wajah dengan baik, namun saya belum pernah mencoba apakah benar dapat membersihkan makeup juga. Saya selalu membersihkan makeup dengan makeup remover dan cleansing oil sebelum saya menggunakan sabun pencuci wajah. Jadi, saya belum dapat membuktikan apakah benar dapat membersihkan makeup secara mendalam.
  • menjaga kulit tetap lembab ➔ YA. Seperti yang saya jelaskan pada sensasi setelah menggunakan produk, wajah saya tetap terasa lembab walaupun produk ini memiliki busa.
  • mengangkat residu makeup ➔ belum dapat saya buktikan.
  • mengencangkan pori-pori ➔ belum terlihat hasil yang signifikan untuk klaim ini.

essenHERB Tea Tree Toner

  • menenangkan kulit bermasalah yang mengalami iritasi ➔ YA. Saya merasa jerawat beruntus saya membaik pun karena efek yang diberikan dari toner ini.
  • merawat kulit sensitif dengan lembut ➔ YA. Formula dari produk ini benar-benar lembut.
  • mencegah minyak berlebih pada wajah ➔ TIDAK. Saya tetap merasa kulit wajah saya tetap berminyak sehingga dapat dikatakan sebum control-nya tidak dapat saya rasakan.
  • menjaga kelembaban ➔ YA. Toner ini membuat wajah saya terasa lembab dalam waktu yang cukup lama.
  • mencerahkan dan anti keriput ➔ belum terlihat hasil yang signifikan untuk klaim ini.

Berikut adalah perbandingan kulit wajah saya selama 10 hari menggunakan kedua produk ini.

Dapat dilihat dengan jelas bahwa noda bekas jerawat tidak dapat dihilangkan dengan menggunakan kedua produk ini. Tapi memang sih, produk ini tidak memberikan klaim untuk memudarkan noda bekas jerawat. Sayangnya, tekstur dari jerawat beruntusan di wajah saya tidak dapat terlihat dengan baik di foto. Namun saya dapat mengatakan dengan jujur bahwa saya benar-benar merasakan bahwa jerawat beruntus saya di pipi berangsur-angsur membaik berkat kedua produk ini. Namun, jerawat di leher atas masih terlihat banyak walaupun saya merasa ini sudah lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan foam cleanser dan toner dari essenHERB.

Saya berharap, saya akan menerima hasil yang lebih baik dari yang sudah saya rasakan dalam 10 hari ini. Untuk waktu penggunaan yang tidak terlalu lama, menurut saya kedua produk ini bekerja dengan baik.


Kesimpulan

1. Kelebihan dan Kekurangan

Tidak lengkap rasanya kalau tiak menjabarkan poin-poin penting yang menjadi keunggulan dan kekurangan dari sebuah produk.


Plus

- kemasan informatif

- harga masih terjangkau untuk produk brand Korea

- hasil yang diberikan dalam 10 hari cukup baik


Minus

- klaim mengontrol minyak tidak terlalu terasa

- jerawat yang agak besar, sembuhnya butuh waktu yang lama


2. Apakah layak dicoba?
Saya yakin kita semua paham bahwa skincare adalah masalah kecocokan. Jika cocok untuk saya, belum tentu cocok untuk orang lain, begitupun sebaliknya. Namun, jika Anda memiliki masalah kulit berjerawat yang belum juga membaik padahal sudah mencoba berbagai produk acne care, Anda dapat mencoba kedua produk ini.

essenHERB Tea Tree Foam Cleanser dan essenHERB Tea Tree Toner bisa Anda dapatkan di Sociolla seharga Rp 169.000 dan Rp 249.000. Gunakan kode SBN089202 untuk mendapatkan potongan harga sebesar Rp 25.000.


***

Cukup sekian review saya tentang essenHERB Tea Tree Foam Cleanser dan essenHERB Tea Tree Toner. Semoga apa yang saya bagikan di blog ini dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin menggunakan dan mencari tahu tentang kedua produk ini.
Sampai jumpa lagi di tulisan berikutnya! ❤


XO
-desondebta-

Comments

Post a Comment

Popular Posts

Thanks for your visit!