[REVIEW] Rangkaian Body Care Scarlett Whitening, beneran bikin kulit cerah?

 Halo! ๐Ÿ’—

Pada postingan kali ini, saya akan membahas rangkaian body care dari Scarlett Whitening. Ada 3 (tiga) produk yang termasuk di dalamnya, yaitu Scarlett Brightening Shower Scrub, Scarlett Body Scrub, dan Scarlett Fragrance Brightening Body Lotion.


Tentang Scarlett Whitening

Siapa di sini yang belum mengenal Scarlett Whitening? Saya yakin mayoritas dari pembaca blog ini sudah kenal dengan brand milik artis Felicya Angelista ini. Yup, ini adalah produk lokal yang fokus utamanya adalah untuk mencerahkan kulit.

Scarlett Whitening memiliki rangkaian perawatan untuk tubuh dan juga wajah. Namun, rangkaian yang akan saya bahas kali ini hanya perawatan tubuhnya saja, ya.

Seluruh produk dari rangkaian body care Scarlett Whitening memiliki kandungan utama Glutathione dan Vitamin E. Glutathione adalah antioksidan yang kuat dan juga dikenal dapat mencerahkan kulit dengan cepat, sedangkan vitamin E berperan sebagai antioksidan dan dapat meremajakan sel kulit. Fungsi lengkap dari kedua kandungan ini dapat kalian cari tahu sendiri di Google. Banyak sekali manfaatnya! Dengan segala kebaikan dari Glutathione dan Vitamin E, rangkaian body care dari Scarlett Whitening mengklaim bahwa produk mereka dapat mencerahkan, melembabkan, dan menutrisi kulit.

"Terlepas dari klaimnya yang menggiurkan, apakah produk ini aman?"

Ya, tentu saja. Produk-produk dari Scarlett Whitening sudah terdaftar di BPOM dan tidak diujicoba pada hewan (not tested on animal).


Scarlett Brightening Shower Scrub

Produk ini adalah sabun mandi cair dengan butiran scrub di dalamnya. Selain dapat membersihkan kulit, butiran scrubnya dapat membantu mengangkat sel kulit mati dengan lembut. Walaupun terdapat scrub di dalamnya, sabun ini dapat digunakan setiap hari. Klaim dari produk ini adalah menjadikan kulit lebih lembut, lembab, dan halus.
BPOM: NA18180701928

Varian dari Scarlett Brightening Shower Scrub yang saya miliki adalah Pomegrante. Mungkin maksudnya adalah pomegranate (delima), tapi tulisan yang tercantum pada kemasannya adalah Pomegrante.


• Kemasan 

Scarlett Brightening Shower Scrub dikemas dalam sebuah botol plastik dengan badan botol berwarna bening dan penutup flip-top berwarna putih. Saya suka warna kemasannya yang bening karena isi produk dapat terlihat dengan jelas. Kemasannya yang terbuat dari plastik juga tergolong travel-friendly karena dapat mengurangi resiko pecah saat dibawa berpergian. Untuk ukuran kemasan, menurut saya ini adalah personal preference. Saya pribadi tidak masalah dengan ukurannya karena sudah terbiasa 'rempong' membawa ini itu.


Berbagai informasi juga tercantum pada kemasan produk.

Di bagian depan terdapat logo Scarlett diikuti dengan varian dan nama produk. "Special made for brightening and moisturized skin" yang sepertinya adalah slogan dari brand ini tertera pada bagian bawah tampak depan kemasan. Terakhir, kandungan utama (Glutathione dan Vitamin E) dari produk ini tertera di sudut kanan atas. Sementara di bagian belakang, terdapat logo Scarlett yang dibuat lebih kecil, diikuti dengan deskripsi dan klaim produk, cara penggunaan, full ingredients (tertutup oleh stiker dalam bahasa indonesia), logo daur ulang, logo not tested on animal, ukuran isi produk, barcode, dan nomor registrasi BPOM.

Terdapat tanggal kadaluarsa pada sisi samping kanan kemasan, dan stiker hologram di sisi kiri kemasan untuk menunjukkan keaslian produk.

Secara keseluruhan, informasi produk yang tertera pada kemasan sudah sangat informatif.

Dari segi model kemasan hingga informasi pada kemasan, saya beri rating 10/10.


• Warna, Aroma, dan Tekstur 

Warna dari Scarlett Brightening Shower Scrub berbeda untuk tiap varian. Produk dengan varian Pomegrante memiliki warna ungu dengan butiran scrub berwarna merah dan biru. Tekstur dari produk ini seperti gel yang agak runny. Aroma yang diberikan oleh varian Pomegrante adalah wangi khas delima yang sangat menyegarkan.

Mandi menjadi saat yang menyenangkan karena aroma dari produk ini seperti menjadi mood-booster bagi saya. Wanginya dapat bertahan lama di kamar mandi, bahkan saat sudah selesai mandi.

Rating: 10/10


• Efektivitas 

Saya menggunakan Scarlett Brightening Shower Scrub setiap kali mandi, berarti 2 (dua) kali dalam sehari. Cara menggunakannya persis seperti sabun mandi cair lainnya, namun sabun ini tidak memiliki busa sebanyak sabun cair kebanyakan. Jika hanya menggunakan sabun ini dengan takaran yang sedikit, sabun ini hampir tidak menghasilkan busa, sehingga harus ditakar agak banyak agar dapat membuat busa. Menariknya, semakin banyak busa yang dihasilkan, produk ini akan mengeluarkan aroma yang lebih kuat. Saya sendiri lebih suka mandi dengan banyak busa dibandingkan hampir tanpa busa, rasanya lebih bersih karena minyak di tubuh terangkat dengan baik.

Dalam 1 (satu) kali pemakaian, klaim bahwa Scarlett Brightening Shower Scrub dapat membuat kulit lembut, lembab, dan halus dapat langsung saya rasakan. Tapi untuk klaimnya yang dapat mencerahkan, saya rasa kurang signifikan. Efek mencerahkan itu akan lebih terlihat jika sudah menggunakan produk ini berkali-kali. Ini adalah foto perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan Scarlett Body Scrub dalam 1 (satu) kali pemakaian.

Dari segi efektivitas produk berdasarkan klaimnya, produk ini saya beri rating 9/10.


Scarlett Body Scrub

Produk ini adalah lulur mandi. Scarlett Whitening mengklaim bahwa body scrub ini memiliki butiran scrub yang sangat halus sehingga tidak akan membuat kulit terasa perih dan iritasi, selain itu kulit juga akan menjadi lebih cerah, halus, dan lembut.

BPOM: NA18190705488

Varian dari Scarlett Body Scrub yang saya miliki adalah Romansa.


• Kemasan 

Scarlett Body Scrub dikemas dalam sebuah jar plastik berwarna putih dengan tutup ulir. Penutupnya dihias dengan motif bunga-bunga berwarna pink yang mempercantik kemasannya. Saat penutupnya dibuka, terdapat segel aluminium foil bertuliskan SCARLETT yang membatasi isi produk dengan penutupnya. Ukuran kemasan dari produk ini termasuk wajar untuk sebuah wadah dari lulur mandi. Kemasannya yang berwarna putih bersih (setelah labelnya dilepas) juga dapat digunakan kembali untuk menyimpan barang-barang kecil kalau isi produknya sudah habis terpakai.


Berbagai informasi juga tercantum pada kemasan produk.

Di bagian atas (penutup) terdapat logo Scarlett diikuti dengan nama produk, varian produk, dan kandungan utama (Glutathione dan Vitamin E) dari produk ini.

Di bagian depan badan jar, terdapat nama produk, varian produk, kandungan utama produk, dan logo Scarlett. Sedangkan di bagian belakang badan jar terdapat cara penggunaan produk, full ingredients (tertutup oleh stiker dalam bahasa indonesia), logo daur ulang, logo not tested on animalbarcode, dan nomor registrasi BPOM.

Di sisi kiri badan jar terdapat tanggal kadaluarsa dan stiker hologram untuk menunjukkan keaslian produk.

Menurut saya, informasi produk yang tertera pada kemasan kurang informatif karena tidak adanya deskripsi dan klaim produk. Selain itu ukuran isi produk juga tidak dicantumkan pada kemasan.

Dari segi model kemasan hingga informasi pada kemasan, saya beri rating 8/10.


• Warna, Aroma, dan Tekstur 

Warna dari Scarlett Body Scrub adalah putih untuk semua variannya. Lulur mandi ini memiliki aroma floral lembut yang sangat menenangkan. Tekstur scrubnya sangat halus dan padat. Saat pertama kali melihat isi produk ini, saya melihatnya lebih seperti krim padat. Saya baru yakin kalau ini adalah scrub ketika saya mengoleskannya langsung ke tangan dan mencoba menggosoknya. Wah, benar-benar halus dan tidak terasa perih di kulit.

Menurut saya, tekstur scrub yang seperti ini sangat bagus karena dapat membersihkan kotoran sampai ke pori-pori.

Rating: 10/10


• Efektivitas 

Saya menggunakan Scarlett Body Scrub 2 (dua) kali dalam seminggu di kulit yang masih kering. Produk ini dapat diaplikasikan pada kulit yang telah dibasahi, namun saya lebih suka efeknya pada kulit yang masih kering. Setelah lulur diratakan ke seluruh tubuh, saya diamkan sekitar 5 menit lalu saya gosok kembali sampai sisa dari scrub dan kotoran pada kulit berjatuhan dan kulit terlihat bersih (tidak ada residu), dan dilanjutkan dengan membilas tubuh dengan air bersih. Saya selalu melanjutkan dengan sabun mandi setelah luluran agar kulit terasa lebih bersih lagi (tidak licin).

Dalam 1 (satu) kali pemakaian, klaim bahwa Scarlett Body Scrub dapat membuat kulit terasa halus dan lembut benar-benar langsung terasa. Selain itu, saya juga dapat melihat dengan jelas bahwa kulit nampak lebih cerah setelah menggunakan produk ini. Ini adalah foto perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan Scarlett Body Scrub dalam 1 (satu) kali pemakaian.

Dari segi efektivitas produk berdasarkan klaimnya, produk ini saya beri rating 10/10.


Scarlett Fragrance Brightening Body Lotion

Produk ini adalah lotion tubuh yang mengandung parfum dan diklaim sebagai pencerah dan pelembab kulit tubuh.

BPOM: NA18170100459

Varian dari Scarlett Fragrance Brightening Body Lotion yang saya miliki adalah Freshy. Varian Freshy adalah varian terbaru dari rangkaian body lotion Scarlett Whitening.


• Kemasan 

Scarlett Fragrance Brightening Body Lotion dikemas dalam wadah yang sama seperti Scarlett Brightening Shower Scrub. Yang membedakan kemasan dari 2 (dua) produk tersebut adalah penutupnya. Produk ini memiliki penutup dengan model pump yang memiliki fitur lock-unlock. Penyangga leher pump (maaf saya tidak tahu namanya) juga melengkapi keamanan dari kemasan produk ini. Tidak perlu diragukan lagi untuk memasukkan produk ini ke dalam tas karena kita tidak perlu khawatir kalau isi produk akan berantakan keluar dari wadahnya. Sangat travel-friendly!

Berbagai informasi juga tercantum pada kemasan produk sama seperti Scarlett Brightening Shower Scrub. Namun bedanya, di bagian belakang kemasan Scarlett Fragrance Brightening Body Lotion sudah terdapat logo halal dari MUI.


Secara keseluruhan, informasi produk yang tertera pada kemasan sudah sangat informatif.

Dari segi model kemasan hingga informasi pada kemasan, saya beri rating 10/10.


• Warna, Aroma, dan Tekstur 

Warna dari Scarlett Fragrance Brightening Body Lotion berbeda untuk tiap varian. Produk dengan varian Freshy memiliki warna kuning dengan sedikit hint oranye. Tekstur dari produk ini adalah creamy gel, namun saat saya coba aplikasikan ia dapat meresap dengan cepat dan tidak lengket.

Aroma dari produk ini manis menyegarkan, tapi saya tidak dapat mendetailkan wangi apa saja yang ada di produk ini. Saya hanya bisa mengatakan bahwa wanginya terkesan mahal. Akhirnya saya mencari tahu di Google, ternyata varian Freshy ini memiliki aroma buah pir matang dan bunga freesia putih yang intens. Base notes dari parfum ini yaitu dari patchouli yang memberikan aroma kayu halus sehingga ketahanan wanginya meningkat. Selain itu, inspirasi dari keharuman ini adalah parfum Jo Malone varian English Pear & Freesia. Wah, pantas saja wanginya mahal.


• Efektivitas 

Saya menggunakan Scarlett Fragrance Brightening Body Lotion setiap setelah mandi dan sebelum tidur di malam hari. Jika saya mandi di pagi dan sore hari, berarti saya menggunakan produk ini 3 (tiga) kali dalam sehari. Jika saya mandi di pagi dan malam hari, berarti saya menggunakan produk ini 2 (dua) kali dalam sehari. Saya seringkali mengundur waktu mandi sore menjadi malam hari, hehehe. Saya selalu menggunakan body lotion sebelum tidur agar kulit tidak kering akibat AC yang dipasang semalaman. Selain memberi kelembaban saat tidur, aroma menyegarkan dari body lotion ini juga membuat tidur saya terasa lebih nyenyak.

Dalam 1 (satu) kali pemakaian, klaim bahwa Scarlett Fragrance Brightening Body Lotion dapat melembabkan kulit dapat langsung saya rasakan, dan klaim mencerahkan juga langsung terlihat pada kulit yang sudah diolesi body lotion ini. Berikut ini adalah foto perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan Scarlett Fragrance Brightening Body Lotion dalam 1 (satu) kali pemakaian.

Dari segi efektivitas produk berdasarkan klaimnya, produk ini saya beri rating 10/10.


Hasil Pemakaian dalam 10 Hari

Saya rutin menggunakan ketiga produk dari rangkaian body care Scarlett Whitening selama 10 hari. Berikut ini adalah foto perbandingan hari pertama dan hari ke-sepuluh.

Catatan: foto diambil pada waktu yang sama, pukul 08.00 WIB.


Harga

Tidak lengkap rasanya membuat review produk tanpa mempertimbangkan harganya. Seluruh produk dari brand Scarlett Whitening dijual seharga Rp 75.000 untuk setiap produknya, termasuk untuk ketiga produk yang saya bahas pada postingan ini.

Menurut saya, harga tersebut masih terjangkau, tapi juga tidak murah. Jadi, dari segi harga saya beri rating 9/10.

Namun, ada paket hemat yang ditawarkan oleh Scarlett Whitening jika membeli sebanyak 5 produk. Kita hanya perlu bayar sejumlah Rp 300.000 untuk mendapatkan 5 produk yang dikemas dengan exclusive box dan juga tambahan hadiah (free gift) di dalamnya. Paket hemat ini cocok untuk kalian yang ingin membeli produk dalam jumlah banyak atau ingin memberikannya sebagai hadiah.


Tempat Pembelian

Seluruh informasi produk dan kontak yang dapat dihubungi dapat kalian lihat pada halaman Instagram @scarlett_whitening.

Pemesanan produk dapat dilakukan via WhatsApp, Line, ataupun Shopee seperti yang terlihat pada gambar. Walaupun hanya bisa membeli secara online, tidak perlu takut kalau nanti produk diterima dalam keadaan rusak 'berantakan'. Produk dikirim dengan pengemasan yang baik (menggunakan bubble wrap), sehingga kemungkinan produk akan 'berantakan' sangat kecil.


Kesimpulan


1. Rating Akhir

Setelah saya mengulas ketiga produk dari segi kemasan, aroma dan tekstur, efektivitas, serta harga. Saya akhirnya menyimpulkan seluruh penilaian saya untuk rangkaian body care dari Scarlett Whitening ini.

  • Scarlett Brightening Shower Scrub: 9.5/10
  • Scarlett Body Scrub: 9.25/10
  • Scarlett Fragrance Brightening Body Lotion: 9.75/10
Catatan: rating akhir diperoleh dengan menjumlahkan 4 faktor penilaian dan dibagi 4.


2. Apakah layak dicoba?

Saya memberikan rating yang tinggi pada rangkaian body care dari Scarlett Whitening ini, sehingga sudah pasti produk ini layak untuk dicoba, terutama bagi kalian yang ingin mencerahkan kulit.


***


Cukup sekian review saya tentang Scarlett Brightening Shower ScrubScarlett Body Scrub, dan Scarlett Fragrance Brightening Body Lotion. Semoga apa yang saya bagikan di blog ini dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin mencari tahu dan menggunakan produk-produk ini.

Sampai jumpa lagi di tulisan berikutnya! 


XO

-desondebta-

Comments

Post a Comment

Popular Posts

Thanks for your visit!